vacancy modul response

Vacancy Konsultan Pembuatan Modul Respon Cepat Diskriminasi dan Pelanggaran HAM Populasi Kunci

Latar Belakang

Pelanggaran terhadap Hak-hak Asasi Manusia dan diskriminasi kelompok minoritas beresiko tertular HIV atau yang biasa disebut Populasi Kunci telah menjadi salah satu fakta yang terjadi di Indonesia. Strategi Nasional dan Rencana Aksi Nasional (SRAN) Penanggulangan AIDS memiliki tujuan untuk menghilangkan diskriminasi layanan kepada masyarakat umum, khususnya pada kelompok beresiko. Untuk itu diperlukan berbagai upaya, salah satunya adalah pendekatan dari aspek hukum, Psikososial, ataupun upaya-upaya lainnya yang bisa memberikan respon, terutama terhadap tindak kekerasan dan diskriminasi yang diterima oleh anggota komunitas populasi kunci.

Indonesia AIDS Coallition (IAC), melakukan beberapa upaya untuk menciptakan progam penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia yang berkesinambungan (sustainable) serta melakukan upaya-upaya untuk mengatasi hambatan termasuk upaya untuk menanggulangi permasalah diskriminasi dan pelanggaran Hak yang terjadi dan dialami oleh komunitas Populasi Kunci. Berbagai intervensi telah dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut, berbagai modul telah disusun dan kemudian diajarkan dan diinformasikan kepada komunitas populasi kunci, begitupun dengan berbagai kampanye telah dilakukan untuk menekan terjadisnya atau merespon terjadinya diskriminasi dan kekerasan serta pelanggaran Hak. Indonesia AIDS Coalition (IAC) melihat berbagai intervensi ini sebagai media intervensi yang dapat dipergunakan atau dikembangkan di masa mendatang. Untuk itu IAC merasa perlu untuk menyusun semua intervensi itu menjadi sebuah pedoman intervensi untuk memberikan respond terhadap kekerasan, Diskriminasi dan pelanggaran hak pada populasi kunci. Hal lainnya yang dapat ditambahkan pada pedoman ini adalah adanya strategi khusus untuk intervensi respond cepat pada pedoman atau modul yang dikembangkan ini. IAC dalam mengembangkan hal ini membutuhkan adanya konsultan untuk menyusun modul yang dimaksud tersebut. 

  1. OUTPUT
Artikel terkait  Lowongan Konsultan Modul BPJS

Target yang menjadi keluaran dari kegiatan ini adalah  Modul yang memberikan Pemahaman tentang bagaimana memberikan respond cepat terhadap terjadinya Diskriminasi dan Pelanggaran HAM yang dialami oleh populasi kunci. Modul ini nantinya dipergunakan sebagai bahan belajar dan informasi dalam melakukan respon cepat jika terjadi Pelanggaran HAM maupun Diskriminasi Pada Komunitas Populasi Kunci.

  • WAKTU PENGERJAAN

Waktu yang diperlukan dalam proses analisis ini dimulai dari kontrak hingga penyelesaian laporan ini adalah selama 3 bulan (Akhir Mei – Akhir Agustus 2022)

  1. DIBUTUHKAN “ KONSULTAN”

Dibutuhkan “KONSULTAN”  untuk menyusun Modul Respon Cepat Terhadap Diskriminasi dan Pelanggaran HAM, Dengan Kualifikasi sebagai berikut:

  1. Terbuka untuk Individu/Pribadi atau Kelompok maupun Organisasi
  2. Memahami mengenai isu tentang Diskriminasi dan pelanggaran HAM khususnya pada ODHIV dan Populasi Kunci
  3. Memiliki pengalaman dalam menuliskan Modul akan lebih baik.
  4. Mampu bekerjasama dengan IAC sebagai posisi Konsultan dalam jangka waktu tertentu.
  5. Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menulis pedoman/modul serta pelaporan.
  6. Memiliki pengalaman berkerja pada advokasi isu HIV, Kesehatan atau isu HAM lainnya, dan Paham terhadap isu HIV/AIDS dan populasi kunci HIV.
  7. Calon Konsultan mengirimkan dokumen berikut:
  8. Surat Ketertarikan
  9. Curriculum Vitae (termasuk minimal 3 referensi)
  10. NPWP
  11. Proposal, yang mencantumkan:
  • Pendahuluan (latar belakang, analisis singkat terkait permasalahan)
  • Metodologi
  • Strategi
  • Harga Penawaran untuk Jasa Konsultan
Artikel terkait  Upcoming Service Contract – Implementation of ERP System at IAC

12. Contoh hasil kerja serupa (hasil studi, jurnal, artikel, dll)

Seluruh dokumen dikirimkan ke [email protected] tanggal 25 May 2022 sebelum pukul 23.00.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

On Key

Related Posts

Review Pertemuan Sebelumnya
Uncategorized @id

Keadilan Gender (Pertemuan Ke-Tiga)

Pelatihan kali ini yang diadakan pada hari Kamis, 12 April 2012 dihadiri oleh 11 orang. Sebelum memasukin materi ke-3 tentang Keadilan Gender, peserta melakukan review

Read More »
Uncategorized @id

Memahami HAM dari Kisah Diri

Dari Seksualitas ke Pengantar HAM Pukul satu siang, Kamis 24 Mei 2012, di ruangan beralas karpet, tak kurang dari 15 orang duduk melingkar. Mereka mantan

Read More »
Uncategorized @id

Apa Itu Global Fund CCM

Pengantar singkat mengenai Global Fund CCM Artikel terkait  Lokakarya Pembahasan Pedoman WHO untuk HIV dan Hepatitis

Read More »

want more details?

Fill in your details and we'll be in touch