Vacancy Internal Control

Vacancy Internal Control

Indonesia AIDS Coalition (IAC) adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berbasiskan Orang dengan HIV (ODHA) dan komunitas terdampak AIDS lainnya (Pekerja Seks, LGBT, Pengguna Narkotika) yang bekerja untuk isu penanggulangan HIV dan AIDS dengan wilayah kerja seluruh Indonesia dan berkedudukan di Jakarta. IAC bekerja khususnya untuk mempromosikan serta mengadvokasikan kebijakan public yang berpihak pada komunitas terdampak AIDS serta hak-hak kelompok minoritas dan perempuan.

Sebagai Lembaga yang berkembang dengan cepat dan sangat baik IAC dipercaya oleh beberapa donor besar untuk mengelola dana seperti Global Fund, UNAIDS, USAID dan lain-lain. Sebagai bentuk pengembangan yang sangat besar bila dibanding dengan umurnya, saat ini Indonesia AIDS Coalition dipercaya sebagai “PR” dari Global Fund”.

Dalam mendukung kerja-kerjanya Indonesia AIDS Coalition membuka kesempatan untuk posisi  “Internal Controller”
 
Lama kontrak kerja yang ditawarkan kepada pihak pelamar adalah 11 (Sebelas) bulan “Februari – Desember 2022, kemungkinan diperpanjang hingga Desember 2023.
 
“Internal Controller” adalah bagian dari Divisi Finance dimana pada divisi ini terdapat Finance & Accounting Manager, Finance Coordinator, Accounting Coordinator, Internal control, Cashier dan Finance Assistant. Internal Control berada dibawah supervisi langsung dari Finance Coordinator. Adapun tugas utamanya adalah melakukan peneleaahan atas seluruh proses keuangan, mulai dari pengajuan pencairan pembayaran, uang muka, laporan pertanggung jawaban, kelengkapan dokumen hingga konsolidasi laporan keuangan.

Artikel terkait  Lowongan: Manager Keuangan

Memastikan bahwa keseluruhan proses tersebut sudah sesuai dengan SOP Keuangan dan Pencatatan serta PIM (Project Implementation Manual) dengan Uraian Tugas sebagai berikut:

A.     Uraian Tugas
1.         Melakukan peneleaahan atas seluruh proses keuangan, mulai dari pengajuan pencairan pembayaran, uang muka, laporan pertanggung jawaban, kelengkapan dokumen hingga konsolidasi laporan keuangan.
2.         Memastikan bahwa keseluruhan proses tersebut sudah sesuai dengan SOP Keuangan dan Pencatatan dan PIM.
3.         Membantu Finance Coordinator dalam melakukan assessment kepada calon mitra IAC.
4.         Membantu tim keuangan dalam mengidentifikasikan poin-poin yang membutuhkan perbaikan dan penguatan pada SOP Keuangan dan PIM.
5.         Mereview dan memastikan laporan keuangan internal dan eksternal sudah akurat, transparan, akuntabel dan tepat waktu baik laporan soft copy maupun hard copy sebelum diserahkan ke bagian akuntansi.
6.         Membantu bagian akuntansi dalam mengidentifikasi adanya kemungkinan kesalahan pencatatan dan penyalahgunaan dana yang terjadi dalam proses pelaporan internal dan eksternal lembaga.
7.         Membantu proses analisa varians (termasuk berkoordinasi dengan pihak mitra) untuk kemudian dibagikan ke bagian Planning Monitoring and Evaluation secara bulanan.
8.         Berperan aktif dalam proses persiapan dan pelaporan audit.
9.         Membangun komunikasi dan berkoordinasi dengan pihak eksternal terkait mekanisme keuangan yang telah ditentukan, termasuk namun tidak terbatas pada proses permintaan dana, monitoring uang muka dan batas waktu pelaporan nya.
10.     Melaksanakan tugas tugas lain yang masih berhubungan dengan lembaga IAC yang ditugaskan oleh Manajer Bidang.
 
B.     Wewenang

Artikel terkait  Pekerja Paruh Waktu Pembuat Konten & Media

1.         Menggunakan seluruh peralatan dan perlengkapan kantor yang dapat menunjang pekerjaan.
2.         Memberikan analisis dan rekomendasi terhadap kinerja keuangan IAC dan keuangan Proyek/Program secara umum.
3.         Berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan dan penguatan mitra lokal dalam pengingakan kapasitas dan kinerja keuangan

Adapun Kualifikan yang dibutuhkan:

A.    Kriteria Umum
1.     Latar belakang pendidikan min D3/S1 Finance/Accounting atau Bisnis Administrasi, Ekonomi, jurusan setara lainnya
2.     Pengalaman minimum 3 tahun di posisi yang sama atau 5 tahun melakukan deskripsi pekerjaan yang serupa, lebih diutamakan pengalaman di I/NGO
3.     Pengalaman dan pengetahuan terkait regulasi lembaga donor, khusus nya The Global Fund, USAID dan UN menjadi nilai tambah
4.     Pengalaman juga memiliki pengetahuan yang memadai terkait Planning & Budgeting, dan prinsip Cost Control termasuk prinsip akuntansi yang berlaku dalam GAAP (General Acceptance Accounting Principles) serta IFRS (International Financial Reporting System)
5.     Memiliki kemampuan dalam menganalisa data keuangan, menyiapkan laporan keuangan, melakukan konsolidasi laporan atas beberapa entitas serta financial projections
6.     Memiliki kemampuan dalam memberikan pengawasan, penguatan, pelatihan serta membangun koordinasi juga komunikasi yang baik dengan lembaga mitra
7.     Bersedia melakukan kunjungan keluar kota dan bekerja diluar jam kerja normal, apabila dibutuhkan

Artikel terkait  Dibutuhkan Konsultan Penguatan Organisasi

B.     Kriteria Khusus
1.     Memiliki pengalaman bekerja di sektor non-profit atau organisasi masyarakat sipil.
2.     Memiliki pengalaman bekerja dengan kelompok marjinal, khususnya yang terdampak dengan isu HIV AIDS atau isu kesehatan lainnya.
3.     Memiliki sikap Non-Discriminative dan Non-Judgmental terhadap rekan kerja maupun kelompok yang didampingi.
4.     Tidak pernah menjadi pelaku kekerasan berdasarkan gender ataupun kekerasan lainnya.
5.     IAC membuka ruang bagi orang-orang dengan disabilitas atau berkebutuhan khusus, orang dengan HIV AIDS, pekerja seks, mantan pengguna narkotika suntik dan LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender) untuk melamar.

Bagi yang berminat  dapat mengirimkan aplikasi lamaran, CV yang disertai foto, surat referensi beserta ekspektasi gaji ke email: [email protected] dengan subjet “ICO IAC”. Iklan ini akan ditutup tanggal 10 Februari 2022 pukul 23.59 Wib.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

On Key

Related Posts

want more details?

Fill in your details and we'll be in touch