image: http://patricmorgan.co.uk

Surat Kemenkes ke RS Perintahkan Penggantian ARV Jenis d4T dengan Tdf

Indonesia AIDS Coalition (IAC) menyambut baik aksi dari Kementrian Kesehatan yang telah mengeluarkan surat resmi kepada seluruh Rumah Sakit Penyedia ARV di Indonesia untuk mulai melakukan penggantian obat ARV jenis d4T dengan ARV jenis yang lebih aman (TdF).

Hal ini bukan saja menyelamatkan ODHA yang mengkonsumsi ARV jenis ini namun juga akan mengurangi kekuatiran ODHA baru yang akan mengkonsumsi ARV guna dapatkan jaminan obat yang aman.

IAC  juga menyambut baik isi dalam surat ini yang juga menyatakan bahwa ARV untuk anak dengan sediaan tunggal berbasis Zidovudine akan mulai tersedia bulan September 2012. Ini akan memupus kekuatiran orangtua ODHA yang selama ini memberikan ARV kepada anaknya dengan bentuk puyer yang berasal dari ARV dewasa yang ditumbuk secara manual.

Ini adalah sebuah aksi yang menunjukkan Kemenkes terus berbenah dalam mengupayakan program penanggulangan AIDS yang lebih bersahabat dengan ODHA di Indonesia.

Terima kasih Kementrian Kesehatan.

Artikel terkait  Catatan akhir tahun Program Penanggulangan AIDS 2012

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

On Key

Related Posts

AIDS Adalah Isu Pembangunan (bag-1)

Ditulis oleh: Hartoyo Berangkat dari pengalaman berinteraksi dengan para penggiat AIDS di Indonesia, selain saya sebagai gay merupakan bagian dari kelompok “disasar” dalam penanggulangan AIDS.

Read More »
Pertemuan Diskusi Komunitas
Uncategorized @id

Memetakan Situasi Komunitas Kelompok Kunci

Pertemuan pertama pelatihan pendidikan kritis bagi komunitas dilaksanakan di kantor Indonesia AIDS Coalition (IAC), Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis, 5 April 2012. Peserta yang hadir ada

Read More »

want more details?

Fill in your details and we'll be in touch