Workshop National Commitment Policy Instrument (NCPI) 2018

//Workshop National Commitment Policy Instrument (NCPI) 2018

Indonesia sebagai salah satu dari negara-negara yang berkomitmen untuk melaporkan program penanggulangan AIDS Nasional. Mekanisme pelaporan ini adalah pelaporan yang diberikan oleh negara yang bersangkutan kepada Dewan Perserikatan Bangsa-bangsa setiap dua tahun sekali menggunakan alat dari UNAIDS yang berjudul National Commitment and Policy Instrument (NCPI).

NCPI adalah sebuah komponen integrasi dari Global AIDS Monitoring yang bertujuan untuk mengukur perkembangan dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan, strategi, dan undang-undang terkait penanggulangan AIDS, yaitu:

  • Menjembatani konsultasi dan dialog antara para pemangku kepentingan di tingkat nasional, terutama pemerintah, dan masyarakat sipil, untuk mengetahui sudut pandang mereka terhadap penanggulangan AIDS
  • Mendukung Negara-negara dalam mengukur status epidemic HIV mereka dan penanggulangannya, serta mengidentifikasi hambatan, kekurangan, serta fasilitator untuk mendukung program penanggulangannya.
  • Mengumpulkan data –data terkait kebijakan dan situasi hokum terkait penanggulangan AIDS.

Hasil ini akan secara langsung memonitor dan menyediakan konteks dalam perkembangan dalam pencapaian 10 komitmen  fast track dan perluasan target untuk mengentaskan AIDS pada tahun 2030.

NCPI perlu dilengkapi dan diserahkan sebagai bagian dari laporan Global AIDS Monitoring setiap dua tahun. Pedoman ini merefleksikan pertimbangan-pertimbangan yang mendasari perubahan undang-undang, kebijakan, dan peraturan yang diharapkan terjadi secara perlahan dan  kebutuhan untuk pengawasan lebih sering yang mungkin terbatas.

Pengumpulan laporan ini melibatkan semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan Program Nasional Penanggulangan AIDS dengan mekanisme Workshop. Pengumpulan laporan ini haruslah menyertakan perwakilan dari semua pemangku kepentingan dan patut menjelaskan program nasional, yang mencakup kebijakan program, jangkauan dan keluaran yang dicapai oleh Indonesia. Lebih lanjut lagi, laporan ini diharapkan dapat memberikan gambaran atas kebijakan program atau hal teknis lainnya yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan agar supaya epidemic AIDS yang merata dapat di hindari.

Tahapan Kegiatan:
• Pertemuan persiapan dengan fasilitator untuk mengkordinasikan peran dan tanggung jawab dari para fasilitator.
• Workshop yang diadakan satu hari yang melibatkan pemerintah dan sector komunitas.

 

Workshop pengumpulan data NCPI telah dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2018 di Jakarta dan dihadiri oleh peserta dari berbagai organisasi, sekitar 40 orang peserta dari berbagai organisasi berbeda.