LOWONGAN STAF KEUANGAN PROYEK

//LOWONGAN STAF KEUANGAN PROYEK

Indonesia AIDS Coalition (IAC) adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dipimpin oleh dan berbasiskan Orang dengan HIV (ODHA) dan terdampak AIDS lainnya (Pekerja Seks, LGBT, Pengguna Narkotika) yang bekerja untuk isu penanggulangan HIV dan AIDS di wilayah kerja Indonesia dan berkedudukan di Jakarta. IAC bekerja khususnya untuk mempromosikan serta mengadvokasikan kebijakan publik yang berpihak pada komunitas terdampak AIDS serta hak-hak kelompok minoritas dan perempuan. Saat ini IAC membutuhkan staff yang bersedia untuk bergabung dalam program “Promosi transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat sipil dalam penanggulangan AIDS”, saat ini membuka kesempatan untuk posisi dan kriteria sebagai berikut :

 STAF KEUANGAN PROYEK

 GAMBARAN PEKERJAAN:

Staf Keuangan Proyek adalah  bekerja dibawah arahan Manajer Keuangan dan SDM dengan tugas secara khusus membuat jurnal voucher, melakukan input data transaksi ke software sistem akuntansi (khususnya Abipro), dan menyiapkan laporan rekonsiliasi dana sumber dana.

URAIAN PEKERJAAN:

  1. Membantu dan memberikan saran dalam hal pengembangan anggaran dan/atau pelaksanaan proses keuangan untuk semua proyek yang dikelola lembaga IAC.
  2. Membantu Manajer Keuangan dan SDM serta Manajer Program dalam pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan dengan memastikan pelaksanaan sistem dan prosedur keuangan yang disepakati, termasuk mendokumentasikan semua transaksi keuangan dan menyimpan/mendokumentasikan semua dokumen keuangan.
  3. Mempersiapkan transaksi harian, kontrak, peraturan, korespondensi keuangan, dokumen pembukuan Bank, pengeluaran, dan dokumen pendukung untuk pengeluaran dana sesuai prosedur dan dengan cara yang aman.
  4. Memverifikasi keakuratan dan integritas laporan keuangan, termasuk mengklarifikasi bahwa semua pengeluaran dana telah dieksekusi secara transparans dan akuntabilitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan tujuan program;
  5. Melakukan konsolidasi permintaan dana dan pertanggungjawabannya untuk diserahkan kepada PR atau donor berdasarkan prosedur yang ditetapkan
  6. Melakukan analisis varian dan mengkomunikasikan hasilnya kepada Manajer Keuangan, Manajer Program dan/atau PR atau donor lain
  7. Memastikan pengendalian internal yang memadai dan sesuai dengan permintaan donor.
  8. Memastikan pelacakan anggaran, pengelolaan keuangan, termasuk penganggaran program, proyeksi pengeluaran bulanan, triwulan, semester, review pengeluaran bulanan, dan memantau proses transfer/pembayaran
  9. Membantu staff program dalam menyiapkan kebutuhan keuangan untuk kegiatan pertemuan, pelatihan dan lokakarya
  10. Memastikan bekerjasama secara penuh dan pelaksanaan yang tepat dari kegiatan audit eksternal tahunan laporan keuangan organisasi, sesuai dengan rencana audit yang disepakati dan pada setiap audit internal organisasi oleh PR dan/atau donor
  11. Memantau kemajuan trencana audit dan mengatur proses untuk mengkaji dan menindaklanjuti rekomendasi hasil audit dan menerapkan sistem audit internal yang efektif untuk organisasi dan memantau setiap tindakan tindak lanjut dianjurkan (recommended follow-up action)
  12. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan, stakeholder mengenai hal-hal keuangan; dan
  13. Membantu tugas-tugas lain di organisasi, jika diperlukan.

 KUALIFIKASI :

  1. Pendidikan formal D3 – Akuntansi dan Keuangan.
  2. Memiliki pengalaman kerja 1-2 tahun di lembaga NGO-lokal atau Internasional dalam bidang kerja Keuangan dan Administrasi.
  3. Dapat mengoperasikan computer Microsoft Office (MS. Word, Ms. Excel, Powerpoint, dll) dan Internet.
  4. Familiar dengan software keuangan dan akuntansi, khususnya Abipro.
  5. Mengerti perpajakan dan up-to-date dengan peraturan keuangan dan perpajakan yang berlaku di Indonesia
  6. Mampu berbahasa Inggris aktif, baik lisan dan tulisan.
  7. Memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik.
  8. Memiliki kemampuan organisasi yang baik dan mampu memenuhi target kerja.
  9. Proaktif dan fleksibel dan mampu bekerja dalam tim.
  10. Mampu bekerja dalam tekanan.
  11. Mengerti isu HIV dan AIDS atau ODHA & populasi kunci lebih disukai
  12. Memiliki motivasi dan komitmen kerja yang tinggi

Kami mendorong Orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA), LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender), Pengguna Narkotika dan Pekerja Seks untuk melamar. Kirim lamaran ke : recruitment@iac.or.id dengan subjet “Koordinator Training dan Pengembangan Komunitas” sebelum 22 Februari 2018.