Lowongan: Manager Keuangan

//Lowongan: Manager Keuangan

Indonesia AIDS Coalition (IAC) adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dipimpin oleh dan berbasiskan Orang dengan HIV (ODHA) dan terdampak AIDS lainnya (Pekerja Seks, LGBT, Pengguna Narkotika) yang bekerja untuk isu penanggulangan HIV dan AIDS di wilayah kerja Indonesia dan berkedudukan di Jakarta. IAC bekerja khususnya untuk mempromosikan serta mengadvokasikan kebijakan publik yang berpihak pada komunitas terdampak AIDS serta hak-hak kelompok minoritas dan perempuan. Saat ini IAC membutuhkan staff yang bersedia untuk bergabung dalam program “Promosi transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat sipil dalam penanggulangan AIDS”,

Saat ini membuka kesempatan untuk posisi dan kriteria sebagai berikut :

MANAJER KEUANGAN

GAMBARAN PEKERJAAN:
Manajer Keuangan bertanggung jawab langsung ke Direktur Eksekutif dengan tugas melakukan perencanaan, pengelolaan, pengendalian, pelaporan keuangan dan pengembangan sumber dana dan investasi IAC serta merancang, mengembangkan dan mengontrol keuangan di IAC untuk mendukung kelancaran kegiatan organisasi IAC secara transparan dan akuntabel.

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB:

  1. Merancang dan menyusun rencana serta memonitor Rencana Anggran Program dan Kegiatan
  2. Melayani kebutuhan keuangan untuk mendukung seluruh kegiatan operasional
  3. Membuat jadwal kerja dan memastikan semua staf keuangan memiliki rencana kerja
  4. Mewakili IAC dalam pertemuan-pertemuan dengan instansi pemerintahan, lembaga donor, lembaga keuangan, mitra-mitra dan jaringan IAC lainnya dalam hal keuangan.
  5. Bertanggungjawab atas penyusunan laporan keuangan baik laporan keuangan proyek, program maupun laporan keuangan lembaga IAC dengan memastikan akurasi dan ketepatan waktu penyajian laporan keuangan, serta mempublikasikan laporan keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan termasuk untuk kepentingan audit.
  6. Memastikan Sistem dan Prosedur Keuangan diterapkan sebagaimana mestinya sehingga pencatatan transaksi keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku dan menghasilkan laporan keuangan yang andal, akurat dan tepat waktu.
  7. Bertanggungjawab atas pengelolan keuangan lembaga IAC dan pengelolaan keuangan proyek atau program untuk memastikan kelancaran kegiatan operasional IAC dan kegiatan program/proyek secara transparan dan akuntabel.
  8. Bertanggungjawab atas pelaksanaan Audit Proyek serta Audit Tahunan
  9. Bersama-sama dengan Internal Auditor, para Manajer dan para Koordinator mengelola anggaran secara efisien dan sesuai dengan peruntukannya.
  10. Mengkoordinasikan pekerjaan bidang keuangan kepada Direktur Eksekutif.
  11. Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban perpajakan IAC agar efisien, akurat, tepat waktu dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang berlaku.
  12. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran IAC, mengawasi penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang operasional IAC.
  13. Bertanggungjawab atas administrasi seluruh dokumen keuangan berikut bukti-bukti pendukungnya dengan dibantu oleh Staf Keuangan.
  14. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai hal-hal keuangan.
  15. Memastikan semua staf unit Keuangan bekerjasama secara penuh dalam kegiatan audit eksternal tahunan laporan keuangan organisasi, sesuai dengan rencana audit yang disepakati dan pada setiap audit internal organisasi oleh mitra-mitra kerja dan/atau donor lain.
  16. Melaksanakan tugas tugas lain yang masih berhubungan dengan bidang pekerjaannya yang ditugaskan oleh Manajemen IAC, khususnya Direktur Eksekutif.

KUALIFIKASI :

1. Pendidikan minimum Sarjana dibidang akuntansi, ekonomi, keuangan atau manajemen bisbis. Gelar Magister dibidang yang sama akan lebih diutamakan.
2. Memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun di bidang pengeloaan keuangan dengan 3 tahun diantararanya menjadi Manajer atau Koordinator Keuangan di Lembaga Swadaya Masyarakatbaik lokal maupun Internasional.
3. Mampu bekerja bersama dengan kelompok marginal seperti ODHA, LGBT, pekerja seks dan pengguna narkoba
4. Mampu berbahasa Inggris aktif, baik lisan dan tulisan.
5. Dapat mengoperasikan computer Microsoft Office (MS. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint, dll) dan Internet.
6. Familiar dengan software keuangan dan akuntansi (SANGO/Abipro)
7. Familiar dengan banking Cash Management.
8. Mengerti perpajakan dan up-to-date dengan peraturan keuangan dan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
9. Memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik.
10. Memiliki kemampuan organisasi yang baik dan mampu memenuhi target kerja.
11. Proaktif dan fleksibel dan mampu bekerja dalam tim dan mampu bekerja dalam tekanan.
12. Memiliki motivasi dan komitmen kerja yang tinggi.

IAC membuka ruang bagi orang-orang dengan disabilitas atau berkebutuhan khusus, orang dengan HIV/AIDS, pekerja seks, mantan pengguna narkotika suntik dan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) untuk melamar.

Aplikasi surat lamaran berikut CV, Motivation Letter, Surat Referensi beserta ekspektasi gaji dikirimkan ke email: recruitment@iac.or.id dengan subjet “FM” sampai tanggal 19 Juli 2019.