Eksternal Auditor

Vacancy Eksternal Auditor

Indonesian AIDS Coalition (IAC) didirikan pada tahun 2011.  Walaupun di usianya yang masih masih muda, kami telah membuat lompatan-lompatan yang signifikan dalam kinerja kami.  Tujuan kami adalah untuk terus berjuang untuk perbaikan. IAC telah berkembang menjadi organisasi ODHA yang mampu menggerakkan masyarakat untuk melakukan kampanye dan advokasi pemenuhan hak-hak dasar ODHA dan kelompok terdampak AIDS.  IAC telah mengembangkan platform komunikasi yang mendorong kolaborasi di seluruh populasi kunci yang terkena dampak pada isu-isu lintas sektoral.

Mitra pendukung IAC antara lain Ministry of Health (MoH), Global Fund, National AIDS Commission, Ford Foundation, Asia Pacific Network for ODHA (APN+), HIVOS, UNAIDS, Treat Asia dan mitra lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

 

  1. Tujuan

Tujuan audit adalah sebagai berikut:

  • Untuk menentukan apakah laporan keuangan secara keseluruhan bebas dari material misstatement
  • Untuk menentukan apakah sistem akuntansi telah menyediakan laporan keuangan yang memadai dan akurat sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah Indonesia untuk Organisasi Nirlaba (ISAK 35), Prinsip Akuntansi yang Diterima Umum (General Accounting Accepted Principle/GAAP) dan Standar Internasional Audit (International Standard on Auditing/ISA).
  • Untuk menentukan apakah transaksi keuangan sesuai dengan kebijakan keuangan organisasi dan seberapa efektif organisasi menggunakan sumber daya.
  • Memberikan rekomendasi perbaikan kepada manajemen.

 

  1. Lingkup pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan auditor adalah melaksanakan kecukupan sistem keuangan dan akuntansi organisasi untuk menyediakan informasi keuangan yang akurat dan memadai. Ini termasuk:

  • Internal Kontrol

Memeriksa transaksi yang dipilih untuk melihat bagaimana pengendalian internal diterapkan, seperti persetujuan transaksi, pemisahan tugas, dll.

  • Manajemen Kas

Review prosedur pengamanan kas termasuk aliran dana dari bank dan kas kecil (pencairan dan penerimaan).

 

  • Umum dan administrasi

Tinjau aktivitas perjalanan, manajemen kantor, dan manajemen catatan untuk menentukan kepatuhan terhadap kebijakan organisasi.

  • Manajemen aset

Meninjau peralatan kantor yang dibeli serta prosedur penerimaan, penyimpanan, dan pembuangan.

  • Sumber daya manusia
Artikel terkait  Konsultan Studi Akses Perlindungan Sosial Bagi ODHA

Tinjau dokumen proses perekrutan, manajemen penggajian, kontrol kehadiran, dan evaluasi kinerja; dibandingkan dengan kebijakan SDM.

  • Proyek

Seluruh kerja substantif Indonesia AIDS Coalition dilakukan melalui proyek.  Semua biaya yang dikeluarkan secara langsung untuk proyek tertentu dan semua pendapatan terbatas yang diterapkan pada sebuah proyek harus diidentifikasi secara khusus dan dilakukan penelusuran terhadap proyek tersebut.

Auditor akan memeriksa bagaimana sebuah proyek dibentuk dan dengan prosedur yang bagaimana biaya dibebankan ke proyek tertentu.

  • Pengadaan

Meninjau atau mereview proses pengadaan dan daya saing, transparansi, dan efektivitas prosesnya untuk memastikan pembelian barang dan jasa sesuai dengan prosedur keuangan dan akuntansi organisasi.

  • Selain di Kantor IAC di Jakarta, audit akan dilakukan di 2 (dua) area jangkauan di Jakarta yang akan dibahas kemudian sebagai sampel proyek untuk tahun ini.

 

  1. Kualifikasi auditor
  • Auditor atau anggota tim Audit harus memiliki pengalaman dalam melakukan audit organisasi internasional atau organisasi non-profit seperti Global Fund, USAID, UN Agency, EU, WORLD BANK, dan DFAT merupakan nilai tambah
  • Auditor harus memiliki metodologi dan prosedur kerja yang memenuhi syarat untuk melakukan audit ini dan memenuhi timeline yang sudah ditetapkan.
  • Auditor atau anggota tim Audit harus memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang memadai karena kebijakan keuangan & akuntansi organisasi dan sebagian besar transaksi dibuat dalam bahasa Inggris.
  • Curriculum Vitae (CV) kepala KAP yang akan menandatangani akan diberikan bersama dengan anggota tim Audit. CV harus mencakup rincian audit yang dilakukan oleh staf yang berlaku, termasuk penugasan berkelanjutan yang menunjukkan kemampuan dan kapasitas untuk melakukan audit.
  • Menyimpan semua informasi keuangan atau non-keuangan secara rahasia yang diperoleh Auditor atau anggota tim Audit selama penugasan dan wajib untuk tidak digunakan atau diungkapkan tanpa persetujuan tertulis dari Indonesia AIDS Coalition
  • Kantor Audit harus menyatakan sifat hukumnya, prinsipal dan rekanan, jumlah karyawan, pengalaman audit, afiliasi dengan Kantor Audit di luar negeri jika ada.
Artikel terkait  Permintaan Pengajuan Lamaran Konsultan Pengembangan Website dan Aplikasi

 

  1. Kewajiban

 A. Koalisi AIDS Indonesia

  • Memberikan laporan keuangan dan dokumen terkait
  • Memberikan informasi organisasi apa pun yang diperlukan oleh Auditor
  • Membayar biaya audit sebagaimana diatur dalam perjanjian.

 

B. Kantor Audit

Kantor Audit yang bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaan audit, meliputi:

  • Melakukan audit secara profesional dan mematuhi Standar Audit Indonesia, GAAS, dan selalu menjaga independensi.
  • Melakukan audit sesuai dengan pengaturan Lingkup Pekerjaan.
  • Menjaga kerahasiaan informasi keuangan dan non keuangan Koalisi AIDS Indonesia.
  • Memberikan opini Auditor atas laporan audit, termasuk management letter dengan rekomendasi

 

C. Laporan Audit

Laporan audit akan berisi hal- hal berikut:

  • Opini Auditor

Opini Auditor akan menunjukkan periode laporan keuangan, standar audit yang diterapkan

  • Jurnal Penyesuaian jika diperlukan
  • Jadwal Tambahan
  • Jadwal Beban Fungsional
  • Jadwal Tarif Biaya Tidak Langsung (Biaya fasilitas)
  • Jadwal Tarif Biaya Tidak Langsung (Umum dan Administrasi)
  • Surat Manajemen

Surat manajemen harus mencakup area berikut:

  • Penilaian sistem pengendalian internal organisasi dengan penekanan yang sama pada (i) efektivitas sistem dalam menyediakan manajemen dengan informasi yang berguna dan tepat waktu untuk manajemen organisasi yang tepat dan (ii) efektivitas umum sistem pengendalian internal dalam melindungi aset dan sumber daya organisasi.
  • Deskripsi kelemahan pengendalian internal spesifik yang dicatat dalam manajemen keuangan organisasi dan prosedur audit yang diikuti untuk mengatasi atau mengkompensasi kelemahan tersebut. Rekomendasi untuk mengatasi/ menghilangkan kelemahan pengendalian internal yang dicatat harus disertakan.

Audit Final harus diterbitkan dalam 5 (lima) hard copy dan soft copy laporan.

D. Waktu Proses Lelang dan Audit

 

Description Date Remarks
Bid Announces Tbc (5 working days)  

 

Timing of Bid

Submission of quotation Tbc (1 working day)
Bid Opened Tbc (1 working day)
Bid Winner Announces Tbc (5 working days)
Contract Sign Tbc (1 working day)
Commencement of work : Financial report Period of 01 January to 31 December 2021, including entrance and exit meeting  

Tbc (45 calender days)

Timing of Audit
1st Draft Report Tbc (5 working days after Commencement of work)
Final report  Tbc (5 working days after 1st Draft Report)

 

E. Ketersediaan fasilitas dan hak akses

Auditor akan memiliki akses penuh dan lengkap setiap saat selama kontrak untuk semua catatan dan dokumen Indonesia AIDS Coalition (termasuk pembukuan, perjanjian hukum, risalah rapat, catatan bank, faktur dan kontrak dll) dan semua karyawan, konsultan, atas periode di bawah tinjauan audit.

F. Pengajuan dan persyaratan proposal

Proposal harus menyebutkan:

  • Pengalaman melakukan audit pada firma/perusahaan: harap jelaskan keahlian dan rekam jejak firma/perusahaan dalam audit bukan untuk organisasi laba, besarmya firma, afiliasi di luar negeri jika ada.
  • Kualifikasi profesional personel kunci dan Anggota Tim Audit, termasuk pengalaman audit mereka.
  • Referensi: mohon cantumkan informasi kontak untuk setidaknya tiga organisasi serupa dengan Indonesia AIDS Coalition yang telah diaudit oleh perusahaan anda.
  • Kirimkan proposal anda paling lambat tanggal 25 Maret 2022: tbc pukul 17:00 ke Procurement IAC dngan alamat email: [email protected]

 

G. Biaya & Jangka Waktu Pembayaran

Harap uraikan biaya audit Anda dalam Rupiah (Rp) termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (Pasal 23) tetapi tidak termasuk Pengeluaran Di Luar Kantong (OPE).

 

Biaya persiapan proposal dan pelaksanaan survei pra-proposal atau pertemuan apa pun untuk presentasi verbal akan ditanggung oleh perusahaan Anda, terlepas dari kegiatan atau hasil dari proses solitasi.  Proposal harus menawarkan layanan untuk total persyaratan dan usulan jangka waktu pembayaran terhadap jasa yang diberikan/deliverables. Semua proposal harus tetap berlaku dan terbuka untuk penerimaan untuk jangka waktu 45 (empat puluh lima) hari setelah tanggal yang ditentukan untuk penerimaan proposal.

Artikel terkait  Lowongan ARV Community Support Jakarta Pusat

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

On Key

Related Posts

Lowongan Kerja

Vacancy Internal Control

Indonesia AIDS Coalition (IAC) adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berbasiskan Orang dengan HIV (ODHA) dan komunitas terdampak AIDS lainnya (Pekerja Seks, LGBT, Pengguna

Read More »
Publikasi

LOI Kemitraan IAC Dengan Jaringan Komunitas

Indonesia AIDS Coalition (IAC) adalah organisasi berbasis komunitas yang dipercaya untuk menjadi salah satu Sub Recipient (SR) dari Principal Recipient (PR) Kementerian Kesehatan program   penanggulangan

Read More »

want more details?

Fill in your details and we'll be in touch